Selasa, 01 Agustus 2017

Laporan PRAKERIN " TUNE UP mobil TOYOTA avanza



Rounded Rectangle: TUNE UP MOBIL TOYOTA AVANZA 1,3GLAPORAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI


Diajukan Untuk Memenuhi Syarat
 Guna Mengikuti Ujian Nasional Di
SMK WISUDHA KARYA KUDUS
Tahun Pelajaran
2017-2018
NAMA            : BAHRUDIN MUHAMMAD IBRAHIM
NIS                  :15.13210
KELAS            : XII TKR 2
YAYASAN PEMBINA SMK WISUDHA KARYA KUDUS
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN WISUDHA KARYA KUDUS
              1 .Jalan Mejobo Mlati Kudus 59319 Telp .(0291)435950 Fax. (0291)4251105
2 .Jalan AKBP R. Agil Kusumadya Kudus 59301 Telp .(0291)431602




PENGESAHAN

Laporan Praktik Kerja Industri yang berjudul “ TUNE UP MOBIL TOYOTA AVANZA 1.3 G “ ini telah di periksa  dan disahkan oleh guru pembimbing Praktik Kerja Industri dan kopetensi  Keahlian Teknik Kendaraan Ringan.



Hari          :

Tanggal   :






Mengetahui
Ketua kopetensi Keahlian                                                                             Guru Pembimbing
Teknik Kendaraan Ringan                                                                           Praktik Kerja Industri



Analis Robert Edrus,S.Pd                                                                          Soni Andi Wibowo,S.Pd



MOTTO DAN PERSEMBBAHAN

MOTTO
·         Kegagalan adalah kunci menuju kesuksesan.
·         Jangan tunda pekerjaanmu sampai besok. Mulailah, selagi engkau masih mampu mengerjakannya.
·         Berjalanlah dengan penuh keikhlasan.
·         Kekayaan abadi adalah ilmu yang betmanfaat.
·         Jangan menyerah sebelum engkau berusaha.

PERSEMBAHAN
Laporan Praktik Kerja Industri ini saya persembahkan kepada    :
·         Kepalla Sekolah SMK WISUDHA KARYA KUDUS.
·         Ketua Kopetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan.
·         Guru pembimbing Praktik Kerja Industri.
·         Bapak dan Ibu guru SMK WISUDHA KARYA KUDUS.
·         Pimpinan bengkel CANGGIH AUTO SERVICE.
·         Kedua Orang tua saya.
·         Teman-teman kelas XII TKR2.








DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL ………………………………………………………………………………………………………..………i
PENGESAHAN ……………………………………………………………………………………………………………..........ii
MOTTO DAN PENGESAHAN ……………………………………………………………………………………….….……iii
DAFTAR ISI ………………………………………………………………………………………………………………….…..….iv
DAFTAR GAMBAR …………………………………………………………………………………………………….……….…v
KATA PENGANTAR …………………………………………………………………………………………………….………..vi
BAB I          PENDAHULUAN
A.      LATAR BELAKANG ……………………………………………………………………………………….………1
B.      TUJUAN …………………………………………………………………………………………………….………..1
BAB II         PROFIL BENGKEL CANGGIH AUTO SERVICE
A.      SEJARAH SINGKAT ………………………………………………………………………………………………2
B.      STRUKTUR ORGANISASI ……………………………………………………………………………………..3
BAB III        TUNE UP MOBIL TOYOTA AVANZA 1,3G
A.      TEORI DASAR ……………………………………………………………………………………………………..4
B.      PROSES PERBAIKAN ……………………………………………………………………………………………4
BAB IV        PENUTUP
A.      KESIMPULLAN ……………………………………………………………………………………………………9
B.      SARAN ………………………………………………………………………………………………………………..9
DAFTAR PUSTAKA ………………………………………………………………………………………………………………10





DAFTAR GAMBAR

Gambar 3.1         : Memasang Vender Cover……………………………………………………………………….….4
Gambar 3. 2        : Pembersihan saringan udara……………………………………………………………………..5
Gambar 3.3         : Pemeriksaan oli.…………………………………………………………………………………………5
Gambar 3.4         : Pemeriksaan Drive Belt……………………………………………………………………………..5
Gambar 3.5         : Pengukuran tegangan baterai……………………………………………………………………6
Gambar 3.6         : Pemeriksaan air accu…………………………………………………………………………………6
Gambar 3.7         : Pemeriksaan elektrolit baterai…………………………………………………………………..6
Gambar 3.8         : Pemeriksaan kebocooran radiator……….…..……………………………………………….7
Gambar 3.9         : Pemeriksaan kebocoran tutup radiator…….……………………………………………….7
Gambar 3.10       : Pemeriksaan busi…………………………………….…………………………………………………7
Gambar 3.11       : Penyetelan celah busi……………………………….………………………………………..……..8
Gambar 3.12       : Pembersihan throttle body……………………….………………………………………..……..8
Gambar 3.13       : Pemeriksaan menggunakan scan tool……….……………………………………………...8









KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Allah SWT. Atas segala rahmat dan hidayah-Nya. Sehingga penyusundapat menyelesaikan penyusunan laporan Praktik Kerja Industri yang telah dilaksanakan selama 3 ( tiga ) bulan di bengkel CANGGIH AUTO SERVICE.
Laporan Praktik Kerja Industri ini disusun secara khusus untuk memenuhi syarat ujian nasional tahun pelajaran 2017/2018. Laporan Praktik Kerja Industri ini dapat selesai dengan baik berkat bantuan berbgaipihak. Oleh karena itu penulis mengucapkan banywk terimakasih kepada :
1.      Fakharudin,S.Pd PLT kepala sekolah SMK WISUDHA KARYA KUDUS.
2.      Analis Robert Edrus,S.Pd ketua kopetensi keahlian Teknik Kendaraan Ringan.
3.      Sini Andi Wibowo,S.Pd guru pembimbing Praktik Kerja Industri.
4.      Bapak/ lIbu guru SMK WISUDHA KARYA KUDUS
5.      Drs. H. M. Yahya selaku pimpinan bengkel CANGGIH AU5O SERVICE.
6.      Sukrisna selaku kepala bengkel CANGGIH AUTO SERVICE.
7.      Semua kaaryawan bengkel CANGGIH AUTO SERVICE yang telah memberikan penjelasan salamapraktik kerja industri.
8.      Semua pihak yang telah membantu penyusunan laporan praktik kerja industri.
Kami juga menyadari bahwa laporan praktik kerja industri ini masih jauh dari kata sempurna walaupun kami telah berusaha semaksimal mungkin, mengingat terbatasnya waktu dan kemampuan saya, attas dasar itu penulis mohon kritik dan saran yang sifatnya membangun.
Semoga laporan praktik kerja industri ini dapat memberi manfaat bagi semua pihak. Khususnya penyusun dan umumnya kepada pembaca.

Kudus,  Juli 2017


BAHRUDIN M.I


BAB I
PENDAHULUAN
A.    LATAR BELAKANG PRAKTIK KERJA INDUSTRI  
Pelaksanaan praktik kerja industri di SMK WISUDHA KARYA KUDUS adalah sebagai kebijakan dari linkandmatc dalam prosesnya dilaksanakan dalam dua tempat. Yaitu, sekolah dan di dunia industri. Oleh kareba itu digerqkkan suatu program Pendidikan Sistem Ganda (PSG) yaitu dengan  melaksanakan praktik kerja industri agar setiap siswa SMK WISUDHA KARYA KUDUS mempunyai pengalaman dalam dunia usaha tersebut secara nyata setelah lulus sekolah.
B.    TUJUAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI  
Praktik kerja industri merupakan suatu sistem pembelajaran yang dilakukan diluar proses belajar mengajar dan dilaksanakan pada perusahaan industri yang rilevan secara umum pelaksanaan program praktik kerja industri ditujukan untik meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan siswa dibidang teknologi, penyesuaian diri dengan situasi yang sebenarnya mengumpulkan informasi dan menulis laporan yang berkaitan langsung dengan tujuaan khusus.
Setelah siswa melaksanakan program praktik kerja industri ditjukanuntuk siswa diharapkan memperoleh pengalaman yang sebenarnya, mengumpulkan pengalaman yang mencakup tujuan tentang perusahaan dan kegiatan-kegiatan praktikyaang berhubungan langsung dengan teknologi dan mempersiapkan para siswa untuk belajar bekerja secara mandiri, bekerja dalam suatu tim dan mengembangkan potensi dan keahlian sesuai dengan minat dan bakat masing-masing siswa.
Penyelenggaraan praktik kerja industri bertujuan untuk :
1.      Melatih siswa agar tidak takut terhadap dunia industri.
2.      Mengenalkan siswa dengan dunia industri.
3.      Melatih siswa agar menjadi tenaga kerja yang berkualitas.
4.      Mempraktikkan ilmu atau teori yang didapat dari sekolah kedalam dunia industri.
5.      Memberi pengakuan dan penghargaan terhadap pengalaman kerja.
6.      Melatih kedisiplinan siswa.



BAB II
PROFIL BENGKEL CANGGIH AUTO SERVICE
A.    SEJARAH SINGKAT
Bengkel CANGGIH AUTO SERVICE didirikan pada hari minggu tanggal 3 oktober 2010 oleh Drs. H. M. Yahya bersama sukrisno dan sahabatnya Edi Purwato. Adapun pemilihan nama canggih oleh pendirinya di harapkan perusahaan agar dapat langgeng dalam cita-citanya dengan prospek yang selalu cerah di masa mendatang dan secanggih yang dia punya.
Pada awal nya bidang usaha yang d jalankannya adalah toko oli dan sperpart sepeda motor dan sperpart mobil tap oli dan cuci mobil serta cuci sepeda motor.
Untuk menjalankan pengelolaan maka jalus bisnis ini dibagi menjadi 2 strategi crew, yaitu :
1.      Crew cuci
2.      Crew bengkel
Setiap pendiri mendirikan suatu usaha atau perusahaan pasti mempunyai cita-cita antara lain bahwa usaha yang didirikanya tersebut akan berkembang dengan baik dan kuat dan menghasilkan waktu demi waktu. Memberikan pelayanaan terbaik bagi pelanggan ( best service to the customer)   Sebagai kesatuan yang lahir tumbuh dan berkembang di tengah masyarakat kelangsungan hidupnya suatu usaha banyak bergantung pada masyarakat ittu selaku pelanggan. Penerapan ini kaharus tercermin dalam sikap kerja kita sehari hari yang diantara lain adalah sebagai berikut :
A.      Menghasilkan jasa yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.
B.      Menyediakan dan menyampaikan produk atau jasa dengan kualitas, jumlah dan waktu yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan.
C.      Memberikan harga yang wajar dan bersaing sesuai jasa yang di tawarkan.
D.     Menghasilkkan produk atau jasa yang tidak membahayakan.
E.      Menepati janji yang pernah di berikan kpada pelanggan.
F.       Memberikan pelayanan yang cepat tepat ramah dan seragam bagi semua pelanggan baik pada saat penjualan maupupun pelayanan.
G.     Menyediakan fasilitas yang dibutuhkan demi kenyamanan pelanggan.
H.     Memberikan informasi yang jelas dan tepat.
I.        Tangap terhadap keluhan dan komplain baik dari pelanggan.
J.        Meempunyai sikap  membbetulkan pelanggan dam bukan di betulkan pelanggan.
K.      Memberikan pelayanan yang terbaik kepada sesama bagian karyawan bawahan atau atasan proses berikutnya selaku pelanggan mereka.
L.       Berusaha mencapai yang terbaik.
M.   Setiap pekerjaan harus dilakukan sesuai denagn standart tertulis yang telah di tentukan dan selalu berusaha untuk mengangkatnya.
N.     Mengikut sertakan seluruh karyawan dari tingkat terbawah hingga teratas dalam perbaikan perbaikan secara terus menerus (kaizen).
O.     Segala pekerjaan harus di rencanakan dengan baik dan mengikuti siklus rencan pelaksanaa pemeriksaan dan tindakan.
P.      Masalah-masalah harus diketahui sendiri mungkin dengan ditanggulaangi secara tuntas, masalah yang datang di cegah agar tidak terulang kembali.
Q.     Bekerja dan berbicara berdasarkan fakta/data.
R.      Jasa-jasa yang berkualitas hanya dapat dihasilkan oleh karyawan-karyawan yang berkualitas pula.

B.      STRUKTUR ORGANISASI  


Text Box: PIMPINAN
Drs. H.M. YAHYA
,Text Box: MEKANIK
1. MUHAMMAD SHOFA
2. BUDI LESMONO
,Text Box: BENGKEL
SUKRISNO
,Text Box: ADMINISTRASI
1. KHOIRUN NISA 
2. IDA FITRIYANI
,Text Box: TOKO
1. IDA FITRIYANI
2. KHOIRUN NISA
3. RIYANTO
 

















BAB III
TUNE UP MOBIL TOYOTA AVANZA 1.3G

A.    DASAR TEORI  
TuneUp adalah salah satu kompetensi yang harus dikuasai oleh bengkel, baik itutuneup mesin konvensionaLmaupun tuneupmesin ElectronicFeulinjection. Sebetulnya untuk urutan langkah tuneup mesin konvensional ataupun engine tuneup Electronic Feulinjection adalah terserah dari si pelaku tuneup, yang penting semua item yang harus diperiksa dilakukan pemeriksaan, tetapi kita juga harus memperhatikan dari efisiensi waktu. 
Seiring dengan itu jumlah mobil yang mengalami gangguan juga meningkat. Oleh karena itu jasa pelayanan service mobil semakin banyak dibutuhkan. Servis pada kendaraan banyak ragamnya, dari engine servicechasis serviceservice kelistrikan, maupun body service. TuneUp adalah pekerjaan servis ringan mesin untuk mengembalikan tenaga motor sesuai standartnya. Istilah tuneup sudah menjadi bahasan sehari-hari pada setiap bengkel kendaraan, bahkan selalu terpampang dalam jenis service yang ditawarkan, karena pekerjaan ini sering kali dibutuhkan dan dilakukan.


B.    PROSES PERBAIKAN  
IMG-20170720-WA0006.jpg
1.      Buka kap mobil.
2.      Pasang Fender Cover sebagai pelundung bertujuan agar bagian kendaraan tidak tergores atau tertumpahi oleh sesuatu.

Gambar 3.1
IMG-20170720-WA0015.jpg
3.      Lepas 4 pengikat tutup rumah saringan udara.
4.      Ambil saringan udara lalu bersihkan menggunakan air gun dari bagian dalam lalu di bagian luar.
Gambar 3.2


IMG-20170720-WA0012.jpg
5.      Periksa volume oli dengan melihat garis batas low-full pada stik oli.
6.      Periksa kualitas oli, apabila oli teralu encer maka oli perlu diganti.

                                                                                                                                                                                       Gambar 3.3



7.      IMG-20170720-WA0013.jpgPeriksa keadaan Drive Belt secara visual, jika retak dan rapuh Drive Belt perlu diganti.
8.      Periksa kekencangan atau kerenggangan Drive Belt.

Gambar 3.4
IMG-20170720-WA0017.jpg
9.      Periksa baerai secra visual keadaannya.
10.  Ukur tegangan baterai menggunakan multi tester pada bagian DC.


Gambar 3.5


IMG-20170720-WA0005.jpg
11.  Periksa ketinggian air accu, bila kurang tambahkan air accu dengan melihat upper dan lower secara visual.


Gambar 3.6



12.  IMG-20170720-WA0008.jpgPeriksa berat jenis elektrolit baterai dengan melihat angka dan warna pada hydrometer.


Gambar 3.7
IMG-20170720-WA0014.jpg
13.  Periksa kebocoran radiator dengan menggunakan radiator tester, dan periksa radiator secaa visual dengan memeriksa air radiator dan selang-selang radiator.

Gambar 3.8


IMG-20170720-WA0009.jpg
14.  Periksa tutup radiator secara visual.
15.  Kemudian periksa juga kebocoran tutup radiator.
16.  Periksa reservoir tank ketinggian coolant, bila kurang maka isi reservoir tank menggunakan coolant.
Gambar 3.9


IMG-20170720-WA0016.jpg
17.  Lepas coil pengapian.
18.  Lepas busi menggunakan kunci busi dan periksa secara visual keadaan busi. Jika masih bagus,
Gambar 3.10
IMG-20170720-WA0011.jpg
19.  Bersihkan busi dari kerak-kerak dan kemudian ukur celah busi menggunakan filler guage dengan setelan 1,1 mm. Lalu setel sesuai spesifikasi. Kemudian pasang kembali busi dan coil pengaian.

Gambar 3.11


IMG-20170720-WA0010.jpg
20.  Bersihkan throttle body dengan menggunakan cairan injector cleaner sambil membuka katup throttle.
21.  Kemudian pasang rumah saringan udara, lalu
22.  Lepas vender cover dan tutup kap mesin.
Gambar 3.12


IMG-20170720-WA0007.jpg
23.  Kemudian periksa menggunakan scan tool untuk mengetahui adanya trouble code pada system EFI.


Gambar 3.13



BAB IV
PENUTUP

A.    KESIMPULAN
Prakerin merupakan salah satu materi yang diberikan kepada siswa, khususnya program keahlian yang ada di Sekolah Kujuruan yang diterapkan secara kerja nyata dan langsung dipraktikkan. Penulis banyak mendapat ilmu pengetahuan, keterampilan, wawasan dan pengalaman kerja di dunia industri yang sebelumnya tidak didapatkan di sekolah.
Setelah penulis melaksanakan Praktik Kerja Industri selama 3(tiga) bulan sejak tanggal 1 April s/d 30 Juni 2017 di Bengkel CANGGIH AUTO SERVICE, penulis dapat mengambil kesimpulan yaitu bahwa praktik kerja industri ini dapat :
·         Meningkatkan pemahaman siswa terhadap aspek-aspek usaha yang potensial dalam lapangan pekerjaan.
·         Memperlihatkan yang sebenarnya kepada siswa tentang dunia lapangan kerja.

B.    SARAN

Penulis mencoba memberikan saran yang mungkin ada manfaatnya bagi perkembangan dalam melaksanakan praktik kerja industri dimasa mendatang.
·         Dengan adanya program Praktik kerja Industri ini diharapkan terjadi hubungan kerja sama yang baik antara pihak sekolah dengan tempat pelaksanaan Praktik Kerja Industri.
·         Hendaknya Guru pembimbing harus lebih sering memotoring ke tempat Praktik Kerja industri.
·         Pembekalan yang diberikan oleh sekolah harus diikuti dengan baik.
·         Persiapan kemampuan maupun ketrampilan sebaik mungkin. 




DAFTAR PUSTAKA







1 komentar:

  1. Lucky Club - Live Casino and Sports Betting | Live Betting Odds | Lucky
    Lucky Club is the only Live Casino operator with over 700+ live betting odds on any Football, Horse luckyclub Racing, Tennis and all other major sport.

    BalasHapus