LAPORAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI
Diajukan Untuk Memenuhi Syarat
Guna Mengikuti Ujian Nasional Di
SMK WISUDHA KARYA KUDUS
Tahun Pelajaran
2017-2018
NAMA : BAHRUDIN MUHAMMAD
IBRAHIM
NIS :15.13210
KELAS : XII TKR 2
YAYASAN PEMBINA
SMK WISUDHA KARYA KUDUS
SEKOLAH
MENENGAH KEJURUAN WISUDHA KARYA KUDUS
1 .Jalan Mejobo Mlati Kudus 59319 Telp .(0291)435950
Fax. (0291)4251105
2 .Jalan AKBP R. Agil
Kusumadya Kudus 59301 Telp .(0291)431602
PENGESAHAN
Laporan Praktik Kerja
Industri yang berjudul “ TUNE UP MOBIL TOYOTA AVANZA 1.3 G “ ini telah di
periksa dan disahkan oleh guru
pembimbing Praktik Kerja Industri dan kopetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan.
Hari :
Tanggal :
Mengetahui
Ketua kopetensi Keahlian Guru Pembimbing
Teknik Kendaraan Ringan Praktik Kerja Industri
Analis Robert Edrus,S.Pd Soni Andi Wibowo,S.Pd
MOTTO DAN PERSEMBBAHAN
MOTTO
·
Kegagalan
adalah kunci menuju kesuksesan.
·
Jangan
tunda pekerjaanmu sampai besok. Mulailah, selagi engkau masih mampu
mengerjakannya.
·
Berjalanlah
dengan penuh keikhlasan.
·
Kekayaan
abadi adalah ilmu yang betmanfaat.
·
Jangan
menyerah sebelum engkau berusaha.
PERSEMBAHAN
Laporan Praktik Kerja Industri ini saya persembahkan kepada :
·
Kepalla
Sekolah SMK WISUDHA KARYA KUDUS.
·
Ketua
Kopetensi
Keahlian Teknik Kendaraan Ringan.
·
Guru
pembimbing Praktik Kerja Industri.
·
Bapak
dan Ibu guru SMK WISUDHA KARYA KUDUS.
·
Pimpinan
bengkel CANGGIH AUTO SERVICE.
·
Kedua
Orang tua saya.
·
Teman-teman
kelas XII TKR2.
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL
………………………………………………………………………………………………………..………i
PENGESAHAN ……………………………………………………………………………………………………………..........ii
MOTTO DAN PENGESAHAN ……………………………………………………………………………………….….……iii
DAFTAR ISI
………………………………………………………………………………………………………………….…..….iv
DAFTAR GAMBAR
…………………………………………………………………………………………………….……….…v
KATA PENGANTAR …………………………………………………………………………………………………….………..vi
BAB I PENDAHULUAN
A.
LATAR
BELAKANG ……………………………………………………………………………………….………1
B.
TUJUAN
…………………………………………………………………………………………………….………..1
BAB II PROFIL BENGKEL CANGGIH AUTO SERVICE
A.
SEJARAH
SINGKAT ………………………………………………………………………………………………2
B.
STRUKTUR
ORGANISASI ……………………………………………………………………………………..3
BAB III TUNE UP MOBIL TOYOTA AVANZA 1,3G
A.
TEORI
DASAR ……………………………………………………………………………………………………..4
B.
PROSES
PERBAIKAN ……………………………………………………………………………………………4
BAB IV PENUTUP
A.
KESIMPULLAN
……………………………………………………………………………………………………9
B.
SARAN
………………………………………………………………………………………………………………..9
DAFTAR PUSTAKA ………………………………………………………………………………………………………………10
DAFTAR GAMBAR
Gambar 3.1 : Memasang Vender Cover……………………………………………………………………….….4
Gambar 3. 2 : Pembersihan saringan
udara……………………………………………………………………..5
Gambar 3.3 : Pemeriksaan oli.…………………………………………………………………………………………5
Gambar 3.4 : Pemeriksaan Drive
Belt……………………………………………………………………………..5
Gambar 3.5 : Pengukuran tegangan
baterai……………………………………………………………………6
Gambar 3.6 : Pemeriksaan air
accu…………………………………………………………………………………6
Gambar 3.7 : Pemeriksaan elektrolit
baterai…………………………………………………………………..6
Gambar 3.8 : Pemeriksaan kebocooran radiator……….…..……………………………………………….7
Gambar 3.9 : Pemeriksaan kebocoran tutup radiator…….……………………………………………….7
Gambar 3.10 : Pemeriksaan busi…………………………………….…………………………………………………7
Gambar 3.11 : Penyetelan celah busi……………………………….………………………………………..……..8
Gambar 3.12 : Pembersihan throttle body……………………….………………………………………..……..8
Gambar 3.13 : Pemeriksaan menggunakan scan tool……….……………………………………………...8
KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Allah SWT. Atas segala rahmat dan hidayah-Nya.
Sehingga penyusundapat menyelesaikan penyusunan laporan Praktik Kerja Industri
yang telah dilaksanakan selama 3 ( tiga ) bulan di bengkel CANGGIH AUTO
SERVICE.
Laporan Praktik Kerja Industri ini disusun secara khusus untuk memenuhi
syarat ujian nasional tahun pelajaran 2017/2018. Laporan Praktik Kerja Industri
ini dapat selesai dengan baik berkat bantuan berbgaipihak. Oleh karena itu
penulis mengucapkan banywk terimakasih kepada :
1.
Fakharudin,S.Pd
PLT kepala sekolah SMK WISUDHA KARYA KUDUS.
2.
Analis
Robert Edrus,S.Pd ketua kopetensi keahlian Teknik Kendaraan Ringan.
3.
Sini
Andi Wibowo,S.Pd guru pembimbing Praktik Kerja Industri.
4.
Bapak/
lIbu guru SMK WISUDHA KARYA KUDUS
5.
Drs.
H. M. Yahya selaku
pimpinan bengkel CANGGIH AU5O SERVICE.
6.
Sukrisna
selaku kepala bengkel CANGGIH AUTO SERVICE.
7.
Semua
kaaryawan bengkel CANGGIH AUTO SERVICE yang telah memberikan penjelasan salamapraktik
kerja industri.
8.
Semua
pihak yang telah membantu penyusunan laporan praktik kerja industri.
Kami juga menyadari bahwa laporan praktik kerja industri ini masih jauh
dari kata sempurna walaupun kami telah berusaha semaksimal mungkin, mengingat
terbatasnya waktu dan kemampuan saya, attas dasar itu penulis mohon kritik dan
saran yang sifatnya membangun.
Semoga laporan praktik kerja industri ini dapat memberi manfaat bagi
semua pihak. Khususnya penyusun dan umumnya kepada pembaca.
Kudus, Juli 2017
BAHRUDIN M.I
BAB I
PENDAHULUAN
A.
LATAR BELAKANG PRAKTIK KERJA INDUSTRI
Pelaksanaan praktik kerja industri di SMK WISUDHA KARYA KUDUS adalah
sebagai kebijakan dari linkandmatc dalam prosesnya dilaksanakan dalam dua
tempat. Yaitu, sekolah dan di dunia industri. Oleh kareba itu digerqkkan suatu
program Pendidikan Sistem Ganda (PSG) yaitu dengan melaksanakan praktik kerja industri agar
setiap siswa SMK WISUDHA KARYA KUDUS mempunyai pengalaman dalam dunia usaha
tersebut secara nyata setelah lulus sekolah.
B.
TUJUAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI
Praktik kerja industri merupakan suatu sistem pembelajaran yang dilakukan
diluar proses belajar mengajar dan dilaksanakan pada perusahaan industri yang
rilevan secara umum pelaksanaan program praktik kerja industri ditujukan untik
meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan siswa dibidang teknologi, penyesuaian
diri dengan situasi yang sebenarnya mengumpulkan informasi dan menulis laporan
yang berkaitan langsung dengan tujuaan khusus.
Setelah siswa melaksanakan program praktik kerja industri ditjukanuntuk
siswa diharapkan memperoleh pengalaman yang sebenarnya, mengumpulkan pengalaman
yang mencakup tujuan tentang perusahaan dan kegiatan-kegiatan praktikyaang
berhubungan langsung dengan teknologi dan mempersiapkan para siswa untuk
belajar bekerja secara mandiri, bekerja dalam suatu tim dan mengembangkan
potensi dan keahlian sesuai dengan minat dan bakat masing-masing siswa.
Penyelenggaraan
praktik kerja industri bertujuan untuk :
1.
Melatih
siswa agar tidak takut terhadap dunia industri.
2.
Mengenalkan
siswa dengan dunia industri.
3.
Melatih
siswa agar menjadi tenaga kerja yang berkualitas.
4.
Mempraktikkan
ilmu atau teori yang didapat dari sekolah kedalam dunia industri.
5.
Memberi
pengakuan dan
penghargaan terhadap pengalaman kerja.
6.
Melatih
kedisiplinan siswa.
BAB II
PROFIL BENGKEL CANGGIH AUTO SERVICE
A.
SEJARAH SINGKAT
Bengkel
CANGGIH AUTO SERVICE didirikan pada hari minggu tanggal 3 oktober 2010 oleh
Drs. H. M. Yahya bersama sukrisno dan sahabatnya Edi Purwato. Adapun pemilihan
nama canggih oleh pendirinya di harapkan perusahaan agar dapat langgeng dalam
cita-citanya dengan prospek yang selalu cerah di masa mendatang dan secanggih
yang dia punya.
Pada awal nya
bidang usaha yang d jalankannya adalah toko oli dan sperpart sepeda motor dan
sperpart mobil tap oli dan cuci mobil serta cuci sepeda motor.
Untuk menjalankan
pengelolaan maka jalus bisnis ini dibagi menjadi 2 strategi crew, yaitu :
1.
Crew
cuci
2.
Crew
bengkel
Setiap pendiri mendirikan
suatu usaha atau perusahaan pasti mempunyai cita-cita antara lain bahwa usaha
yang didirikanya tersebut akan berkembang dengan baik dan kuat dan menghasilkan
waktu demi waktu. Memberikan pelayanaan terbaik bagi pelanggan ( best service
to the customer) Sebagai kesatuan yang
lahir tumbuh dan berkembang di tengah masyarakat kelangsungan hidupnya suatu
usaha banyak bergantung pada masyarakat ittu selaku pelanggan. Penerapan ini
kaharus tercermin dalam sikap kerja kita sehari hari yang diantara lain adalah
sebagai berikut :
A.
Menghasilkan
jasa yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.
B.
Menyediakan
dan menyampaikan
produk atau jasa dengan kualitas, jumlah dan waktu yang sesuai dengan kebutuhan
pelanggan.
C.
Memberikan
harga yang wajar dan bersaing sesuai jasa yang di tawarkan.
D.
Menghasilkkan
produk atau jasa yang tidak membahayakan.
E.
Menepati
janji yang pernah di berikan kpada pelanggan.
F.
Memberikan
pelayanan yang cepat tepat ramah dan seragam bagi semua pelanggan baik pada
saat penjualan maupupun pelayanan.
G.
Menyediakan
fasilitas yang dibutuhkan demi kenyamanan pelanggan.
H.
Memberikan
informasi yang jelas dan tepat.
I.
Tangap
terhadap keluhan dan komplain baik dari pelanggan.
J.
Meempunyai
sikap membbetulkan pelanggan dam bukan
di betulkan pelanggan.
K.
Memberikan
pelayanan yang terbaik kepada sesama bagian karyawan bawahan atau atasan proses
berikutnya selaku pelanggan mereka.
L.
Berusaha
mencapai yang terbaik.
M.
Setiap
pekerjaan harus dilakukan sesuai denagn standart tertulis yang telah di
tentukan dan selalu berusaha untuk mengangkatnya.
N.
Mengikut
sertakan seluruh karyawan dari tingkat terbawah hingga teratas dalam perbaikan
perbaikan secara terus menerus (kaizen).
O.
Segala
pekerjaan harus di rencanakan dengan baik dan mengikuti siklus rencan
pelaksanaa pemeriksaan dan tindakan.
P.
Masalah-masalah harus diketahui sendiri mungkin
dengan ditanggulaangi secara tuntas, masalah yang datang di cegah agar tidak
terulang kembali.
Q.
Bekerja
dan berbicara berdasarkan fakta/data.
R.
Jasa-jasa yang berkualitas hanya dapat dihasilkan
oleh karyawan-karyawan yang berkualitas pula.
B.
STRUKTUR ORGANISASI
BAB III
TUNE UP MOBIL TOYOTA AVANZA 1.3G
A. DASAR TEORI
TuneUp adalah salah satu kompetensi yang harus dikuasai oleh
bengkel, baik itutuneup mesin konvensionaLmaupun tuneupmesin ElectronicFeulinjection. Sebetulnya untuk urutan langkah tuneup mesin konvensional ataupun engine tuneup Electronic Feulinjection adalah
terserah dari si pelaku tuneup,
yang penting semua item yang harus diperiksa dilakukan pemeriksaan, tetapi kita
juga harus memperhatikan dari efisiensi waktu.
Seiring dengan
itu jumlah mobil yang mengalami gangguan juga meningkat. Oleh karena itu jasa
pelayanan service mobil semakin banyak dibutuhkan. Servis pada kendaraan banyak
ragamnya, dari engine service, chasis service, service kelistrikan, maupun body service. TuneUp adalah
pekerjaan servis ringan mesin untuk mengembalikan tenaga motor sesuai
standartnya. Istilah tuneup sudah menjadi bahasan sehari-hari pada
setiap bengkel kendaraan, bahkan selalu terpampang dalam jenis service yang ditawarkan, karena
pekerjaan ini sering kali dibutuhkan dan dilakukan.
B.
PROSES PERBAIKAN
1.
Buka
kap mobil.
2.
Pasang Fender Cover sebagai pelundung
bertujuan agar bagian kendaraan tidak tergores atau tertumpahi oleh sesuatu.
Gambar 3.1
3.
Lepas 4 pengikat tutup rumah saringan
udara.
4.
Ambil saringan udara lalu bersihkan menggunakan
air gun dari bagian dalam lalu di bagian luar.
Gambar 3.2
5.
Periksa volume oli dengan melihat
garis batas low-full pada stik oli.
6.
Periksa kualitas oli, apabila oli
teralu encer maka oli perlu diganti.
Gambar 3.3
7.
Periksa
keadaan Drive Belt secara visual, jika retak dan rapuh Drive Belt perlu
diganti.
8.
Periksa kekencangan atau kerenggangan
Drive Belt.
Gambar 3.4
9.
Periksa baerai secra visual
keadaannya.
10. Ukur
tegangan baterai menggunakan multi tester pada bagian DC.
Gambar 3.5
11. Periksa
ketinggian air accu, bila kurang tambahkan air accu dengan melihat upper dan
lower secara visual.
Gambar 3.6
12. Periksa
berat jenis elektrolit baterai dengan melihat angka dan warna pada hydrometer.
Gambar 3.7
13. Periksa
kebocoran radiator dengan menggunakan radiator tester, dan periksa radiator
secaa visual dengan memeriksa air radiator dan selang-selang radiator.
Gambar 3.8
14.
Periksa tutup radiator secara visual.
15.
Kemudian periksa juga kebocoran tutup
radiator.
16.
Periksa reservoir tank ketinggian
coolant, bila kurang maka isi reservoir tank menggunakan coolant.
Gambar 3.9
17.
Lepas coil pengapian.
18.
Lepas busi menggunakan kunci busi dan
periksa secara visual keadaan busi. Jika masih bagus,
Gambar 3.10
19. Bersihkan
busi dari kerak-kerak dan kemudian ukur celah busi menggunakan filler guage
dengan setelan 1,1 mm. Lalu setel sesuai spesifikasi. Kemudian pasang kembali
busi dan coil pengaian.
Gambar 3.11
20. Bersihkan
throttle body dengan menggunakan cairan injector cleaner sambil membuka katup
throttle.
21. Kemudian
pasang rumah saringan udara, lalu
22. Lepas
vender cover dan tutup kap mesin.
Gambar 3.12
23. Kemudian
periksa menggunakan scan tool untuk mengetahui adanya trouble code pada system
EFI.
Gambar 3.13
BAB IV
PENUTUP
A.
KESIMPULAN
Prakerin
merupakan salah satu materi yang diberikan kepada siswa, khususnya program
keahlian yang ada di Sekolah Kujuruan yang diterapkan secara kerja nyata dan
langsung dipraktikkan. Penulis banyak mendapat ilmu pengetahuan, keterampilan,
wawasan dan pengalaman kerja di dunia industri yang sebelumnya tidak didapatkan
di sekolah.
Setelah
penulis melaksanakan Praktik Kerja Industri selama 3(tiga) bulan sejak
tanggal 1 April s/d 30 Juni 2017 di Bengkel CANGGIH AUTO SERVICE, penulis
dapat mengambil kesimpulan yaitu bahwa praktik kerja industri ini
dapat :
·
Meningkatkan pemahaman
siswa terhadap aspek-aspek usaha yang potensial dalam lapangan pekerjaan.
·
Memperlihatkan yang
sebenarnya kepada siswa tentang dunia lapangan kerja.
B.
SARAN
Penulis mencoba
memberikan saran
yang mungkin ada manfaatnya bagi perkembangan
dalam melaksanakan praktik kerja industri dimasa mendatang.
·
Dengan
adanya program Praktik kerja Industri ini diharapkan terjadi hubungan kerja sama yang baik antara
pihak sekolah dengan tempat pelaksanaan Praktik Kerja Industri.
·
Hendaknya
Guru pembimbing harus lebih sering memotoring ke tempat Praktik Kerja industri.
·
Pembekalan yang diberikan oleh
sekolah harus diikuti dengan baik.
·
Persiapan kemampuan maupun
ketrampilan sebaik mungkin.
DAFTAR
PUSTAKA
Lucky Club - Live Casino and Sports Betting | Live Betting Odds | Lucky
BalasHapusLucky Club is the only Live Casino operator with over 700+ live betting odds on any Football, Horse luckyclub Racing, Tennis and all other major sport.