Sabtu, 05 Agustus 2017

makalah sistem pengapian

MAKALAH SISTEM PENGAPIAN
Disusun Oleh : Bahrudin M.I. 
BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Makalah ini disusun sebagai persyaratan untuk menyelesaikan mata kuliah B.Indonesia. di mana Dosen yang mengajar mata kuliah ini menuntun mahasiswanya agar membuat makalah mengenai Jurusan Pendidikan Teknik Mesin. Jadi saya sebagai mahasiswa memilih materi sistem pengapian konvensional (motor bensin)
Seiring berjalanya waktu, di era saat ini Perkembangan dunia Otomotif mengalami perkembangan yang begitu cepat,dan hal yang paling menonjol perkembangannya adalah bagian sistem yang berkaitan dengan kelistrikan. Hal ini terjadi karena bagian ini mudah untuk dilakukan inovasi. Namun kemudhan ini bukan berarti bahwa mempelajari sistem ini mudah,tapi justru sebaliknya. Karena kelistrikan itu sesuatu yang tidak terlihat, sehingga dalam mempelajarinya memerlukan riset terlebih dahulu, dan jika tidak melakukan riset setidaknya pernah melakukan uji coba sederhana. Seorang sarjana teknik mesin,harus memilik kemampuan dibidang ini. Karena mereka kedepannya merupakan calon-calon pendidik dan bahkan tidak menutup kemungkinan akan bekerja di perusahaan-perusahaan otomotif dan apabila kemampuan ini tidak dimliki maka kita akan tersingkirkan oleh lulusan-lulusan perguruan tinggi lainnya.
            Dalam makalah ini akan dibahas mengenai sistem pengapian,dimana sistem ini merupakan sistem yang sangat penting, karena tanpa sistem ini mobil tidak akan bergerak. Mobil bergerak karena ada proses pembakaran, pembakaran terjadi karena ada suatu sistem yang membuat terjadinya proses pembakaran,dan sistem tersebut adalah sistem pengapian .


B.     Batasan Masalah
Sistem pengapian merupakan sistem penting pada mobil berebahan bakar bensin. Fungsinya adalah mementikan bunga api listrik ke ruang bakar, sehingga terjadi suatu ledakan pambakaran di dalamnya, yang mengakibatkan piston dan batang piston (stang) bergerak turun dan memutar poros engkol, sehingga mesin dapat berputar.
Sistem pengapian berhubungan erat dengan sistem bahan bakar. Campuran bensin dan udara di ruang bakar dibakar oleh bunga api listrik dan mengakibatkan ledakan yang menyebabkan piston bergerak translasi (gerak lurus) naik turun secara terus menerus. Agar kerja mesin, maka kerja system pengapian juga harus baik. Kompone-komponen yang termasuk pada sistem pengapian adalah aki (baterai), koil, distributor, platina atai CDI, kabel busi, dan busi.
Komponen-komponen tersebut saling berhubungan dan bekerja sama untuk menghasilkan percikan bunga api listrik yang berlansung secara kontinyu, selama mesin kendaraan berputar (hidup). Komponen-komponen tersebut akan menghasilkan bunga api listrik jika kunci kontak pada posisi ON dan mesin mulai di start. Saat kunci kontak pada posisi OFF, tidak ada percikan bunga api listrik, sehingga mesin mati (tidak berputar).
Semakin baik system pengapian, percikan bunga api yang dihasilkan akan semakin besar, dan tentunya ledakan yang terjadi juga akan besar. Karena campuran bensin dan udara akan habis terbakar semua (sempurna), energy yang dihasilkan mesin pun akan maksimal (besar). Sistem pengapian yang baik akan menghemat penggunaan bensin. Pada bagian ini dijelaskan fungsi-fingsi komponen yang terdapat pada sisitem pengapian, serta gejala dan kerusakan yang terjadi pada sistem pengapian.
C.    Masalah
Masalah yang akan dibahas meliputi;
1.      Pengertian  pengapian Konvensional?
2.      Fungsi Pengapian ?
3.      Kompenen-komponen Pengapian?
4.      Kerusakan-kerusakan yang terjadi pada sistem pengapian ?
D.    Tujuan
Tujuan penyusunan makalah ini adalah untuk menjelaskan/mendeskripsikan/ memaparkan;
1.      Pengertian pengapian konvensional.
2.      Fungsi Pengapian;
3.      Kompenen-komponen Pengapian;
4.      Kerusakan-kerusakan yang terjadi pada system pengapian dan perbaikannya.
E.     Manfaat
Manfaat dari Makalah ini;
1.      Mengetahui pengertian system pengapian.
2.      Mengetahui fungsi pengapian.
3.      Mengetahui komponen-komponen sistem pengapian.
4.      Mengetahui kerusakan-kerusakan pada sisitem pengapian.
F.     Metode Penyajian
Makalah ini disusun dengan mengunakan pendekatan kualitatif Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Melalui metode ini penulis akan menguraikan permasalahan yang dibahas secara jelas dan komprehsif. Data teoritis dalam makalah ini di kumpulkan dengan menggunakan teknik studi puataka artinya penulis mengumpulkan dan mengambil data melalui kegiatan membaca, dan kajian pustaka. Data tersebut di olah dengan teknik analisis isi, penyusun melalui kegiatan mengeksposisikan data serta mengaplikasikan data tersebut dalam konteks makalah.
BAB II
PEMBAHASAN
A.    Landasan teori
Ada tiga sarat suatu pembakaran dapat terjadi yakni ada bahan bakar,udara dan api. Api dalam pembakaran tidak mungkin muncul dengan begitu saja, pasti ada sebab kemunculannya. Untuk memunculkan api ini maka perlu dibuat suatu sistemyang disebut sistem pengapian. Jadi sistem pengapian adalah suatu sistem yang terdiri dari berbagai komponen yang memilki fungsi yang berbeda yang dirangkai sedemikian rupa sehinga menjadi memiliki satu fungsi yakni memercikan bunga api.
B.     Pembahasan
1.      Fungsi Pengapian
Untuk menghasilkan panas diperlukan pembakaran campuran bahan bakar dengan udara yang dihasilkan oleh sisitem pengapian, yakni busi pada ruang bakar pembakaran mesin. Loncatan listrik pada busi menghasilkan voltase yang sangat tinggi kira-kira sampai 8000 volt yang terjadi karena adanya gap atau celah dari ujung elektroda busi. Voltase yang sangat tinggi itu harus diisi dari penyuplai/pemasok yang baik, yakni dari sebuah baterai kendaraan sekitar 12 volt.
Fungsi pengapian adalah untuk menhasilkan tegangan yang tinggi untuk mengadakan bunga api di antara elektroda busi sehingga campuran bahan bakar dan udara dibakar secara sempurna walaupun kecepatan berubah-ubah.
2.      Komponen dan fungsinya
a.      Aki (baterai)
Aki merupakan sumber listrik paling awal di kendaraan bermotor yang berfungsi untuk memasok listrik kepada komponen-komponen yang memerlukannya, seperti sistem pengapian. Selain memasok listrik, aki juga berfungsi menyimpanya. Oleh karena itu, agar pasokan listrik tidak terganggu maka aki harus diisi listrik kembali. Pengsian kembali ini dilakukan oleh sistem pengisian.
Ada 2 jenis aki yang biasa digunakan pada mobil yaitu aki basah dan aki kering. Aki memiliki kapasitas yang berbeda-beda, tergantung pada besar kecilnya Ampere hours (AH). Semakin besar kapasitas aki, pasokan listrik pada komponen-komponen pada mobil akan setabil.
b.      Kunci kontak
Kunci kontak berfungsi untuk memutuskan dan menghubungkan listrik pada rangkaian atau mematikan dan menghidupkan sistem. Kunci kontak pada kendaraan memiliki 3 atau lebih terminal.
Terminal utama pada kontak adalah terminal B atau AM dihubungkan ke baterai, Terminal IG dihubungkan ke (+) koil pengapian dan beban lain yang membutuhkan, terminal ST dihubungkan ke sistem starter. Jika kunci kontak tersebut memiliki 4 terminal maka terminal yang ke 4 yaitu terminal ACC yang dihubungkan ke accesoris kendaraan, seperti: radio, tape dan lain-lainnya
c.       Koil

Koil merupakan komponen system pengapian yang berfungsi untuk menaikan tegangan (voltase) listrik aki dari 12 volt menjadi 12.500 sampai 25.000 volt. Dengan tegangan sebesar itu, barulah campuran bensin dan udara bisa terbakar .
Mesin-mesin konvensional masih megunakan satu koil untuk memasok tegangan listrik ke semua busi pada mesin mobil. Tegangan listrik yang dihasilkan oleh koildidistribusikan ke semua busi oleh distributor. Sedangkan mesin-mesin modern sudah menggunakan multi coil (banyak koil), yang berarti busi mendaapat pasokan tegangan listrik dari koil yang berbeda-beda.
Kumparan skunder digulungkan pada inti koil yang terbuat dari lempengan baja dengan kualitas yang tinggi sedangakan kumparan primer digulung di luar kumparan skunder. Salah satu ujung dari kumparan skunder dihubungkan dengan terminal tegangan tinggi dan ujung lainya dihubungkan dengan kumpran primer. Ujung-ujung kumparan primer dihubungkan dengan terminal positif dan negative dari baterai. Koil ditempatkan dalam satu tabung kotak dan koil ada celah untuk meletakan isolasi-isolasi.
d.      Distributor
Distributor berfungsi untuk mendistribusikan tegangan listrik ke setiap busi melalu rotor (berada di dalam distributor) dan kabel busi. Distributor ini terdiri dari sebuah tuutup distributor yang terbuat dari plstik yang diberi terminal-terminal dan sebuah rotor, rotor dipasangkan pada poros distributor yang diputarkan oleh poros nok dan bagian rotor ini bersentuhan dengan terminal dari koil penyalaan dan terminal yang menghubungkan ke busi-busi, perputaran rotor ini membagi arus tegangan tinggi ke busi menurut urutan pengapianya.
Bagian-bagian Distributor :
·         Cam (nok) berfungsi untuk membuka breaker point (platina) pada sudut crankshaft (poros engkol) yang tepat pada masing-masing selinder.
·          Breaker point (platina) berfungsi untuk memutuskan arus listrik yang mengalir melalui kumparan primer dari ignition coil untuk menghasilkan arus tegangan tinggi pada kumparan sekunder dengan cara induksi magnet listrik (electromagnetic induction).
·          Capasitor/kondensor berfungsi untuk menyerap bunga api yang terjadi antara breaker point (pada platina) pada saat membuka dengan tujuan untuk menaikan tegangan coil sekunder.
·          Centrifugal Gavernor Advancer berfungsi untuk memajukan saat pengapian sesuai putaran mesin.
·          Vacum Advancer berfungsi untuk memajukan saat pengapian sesuai dengan beban mesin (vacum intake manifold).
·          Rotor berfungsi untuk membagikan arus listrik tegangan tinggi yang di hasilkan oleh ignition coil ke tiap-tiap busi.
·          Distributor Cap berfungsi untuk membagi-bagikan arus listrik tegangan tinggi dari rotor ke kabel tegangan tinggi untuk masing-masing selinder.
e.       Platina dan CDI
Platina dan CDI memiliki fungsi yang sama , yaitu mengatur penyalaan listrik tegangan tinggi yang terjadi pada celah platina atau sensor CDI sebelum disalurkan kebusi melalu rotor dan kabel busi. Perbedaan platina dan CDI terletak pada cara kerjanya, yaitu platina bekaerja secra mekanik sedangkan CDI berkerja secara elektronik. Platina dan CDI terletak di dalam distributor.     
f.       Kabel Busi dan Busi

Kabel busi merupakan alat penghubung atau penghantar arus listrik tegangan tinggi dari koil ke distributor.
Kabel busi terbuat bahan khusus berkualitas tinggi dengan tahanan nilai listrik yang rendah. Kualitas bahan kabel busi ini penting diperhatikan karena kabel busi ini  berfungsi untuk menghantarkan arus listrik tegangan tinggi. Agar kualitas api yang dipercikan tetap baik, busi tidak boleh terlalu banyak mengalami resistansi (hambatan). Kabel busi digunakan pada mobil-mobil yang masih menggunakan satu koil, sedangkan mobil yang sudah menggunakan multi coil (lebih dari satu koil) tidak lagi memerlukan kabel busi, karena koil dan busi sudah langsung dihubungkan dengan konektor.
Busi merupakan komponen penting pada sistem pengapian. Busi berperan untuk memantikan listrik di dalam ruang bakar untuk menghasilkan bunga api, yang selanjutnya membakar campuran bahan bakar dan udara pada ruang bakar. Jumlah busi yang digunakan pada mobil bervariasi, bergantung pada jumlah silindernya, jika mobil mempunyai 4 silinder, berarti mobil tersebut mengunakan 4 busi , dan seterusnya. Namun pada perkembanganya ada mobil yang mengunakan lebih dari satu busi pada setiap silindernya, dengan tujuan memperbesar bunga api yang dihasilkan sehingga memperhemat penggunaan bensin.
3.      Cara Kerja Sistem Pengapian
a.      
Pada saat kunci kontak ON, Platina menutup
Aliran arusnya adalah sebagai berikut:
Baterai —-> Kunci kontak —-> Primer koil —-> Platina —-> Massa.
Akibat aliran listrik pada primer koil, maka inti koil menjadi magnet.
Saat kunci kontak on, kontak pemutus tertutup, arus dari terminal positif baterai mengalir ke kunci kontak (lihat gambar  di atas), ke terminal positif (+) koil, ke terminal negatif (-) koil, ke kontak pemutus, kemudian ke massa. Aliran arus ke kumparan primer koil menyebabkan terjadinya kemagnetan pada koil.
b.      Pada saat Platina Membuka
Saat platina membuka, arus listrik melalui primer koil terputus, terjadi induksi tegangan tinggi pada sekunder koil, sehingga arus akan mengalir seperti dibawah ini:
Sekunder koil —-> Kabel tegangan tinggi —-> Tutup distributor —-> Rotor —-> Kabel tegangan tinggi (kabel busi) —-> Busi —-> Massa.
Akibat aliran listrik tegangan tinggi dari sekunder koil, mampu meloncati tahanan udara antara elektroda tengah dengan elektroda massa pada busi dan menimbulkan percikan bunga api.
Jika kontak pemutus terbuka, arus yang mengalir ke kumparan primer terputus dengan tiba-tiba maka kemagnetan disekitar koil hilang / drop dengan cepat. Kemudian kumparan terjadi tegangan induksi. Karena saat kontak pemutus terbuka arus listrik terputus, maka medan magnet pada koil hilang dengan cepat pada kumparan sekunder terjadi induksi tegangan. Pada kumparan primer juga terjadi tegangan induksi. Tegangan induksi pada kumparan sekunder disebut dengan tegangan induksi mutual sedangkan pada kumparan primer disebut tegangan induksi diri. Tegangan tinggi pada kumparan sekunder (10000 V atau lebih) disalurkan ke distributor melalui kabel tegangan tinggi dan dari distributor diteruskan ke tiap-tiap busi sesuai dengan urutan penyalaannya sehingga pada busi terjadi loncatan api pada busi. Tegangan pada kumparan primer sekitar 300 sampai 500 V disalurkan ke kondensor. Penyerapan tegangan induksi diri oleh kondensor ini akan mengurangi loncatan bunga api pada kontak pemutus. Efek tidak terjadinya loncatan pada kontak pemutus adalah pemutusan arus primer yang cepat sehingga menghasilkan perubahan garis-garis gaya magnat pada koil dengan cepat pula.
4.    Gangguan yang Terjadi Pada Sistem Pengapian Penyebab dan Perbaikanya
Keadaan
Kemungkinan Penyebab
Pemerikasaan/Perbaikan
1.      Arus listrik kurang lancar, pada kutub terminal aki terdapat oksidasi berwarna putih
1.      Ada masalah pada sistem pengisian
2.      Penigisian terlalu besar (over charging)
3.      Kurang perawatan
1.      Cek dan perbaiki sistem pengisisan
2.      Bersihkan kutub terminal aki dengan cara menyiramkan air panas pada kedua kutub terminal sampai oksidasi hilang
2.      Enjin hidup tetapi tersendat-sendat
1.      Busi salah atau cacat
2.      Tutup distributor atau rotor cacat.
Kabel sekunder rusak
Koil rusak
Konektor jelek
Kebocoran pada kabel busi
Sistem bahan bakar rusak
1.      Bersihkan, setel celah atau ganti
2.      Ganti tutup distributor dan rotor
3.      Ganti kabel skunder
4.      Ganti koil
5.      Bersihkan konektor
Periksa tutup, rotor, kabel sekunder
7.      Rujuk pada servis sistem bahan bakar
3.      Mesin tidak bertenaga dan suara mesin terasa kasar
1.      Koil panas atau lemah
1.      Ganti koil
2.      Jika dalam keadaan darurat, kompres koil dengan kain basah, dan biarkan sampai koil dingin, lalu hidupkan mesin.
4.      Platina; Mesin tiba-tiba mati dan tidak dapat dihidupkan.
1.      Pegas platina patah karena sudah digunakan terlalu lama.
1.      Ganti platina.
5.      CDI; Mesin tiba-tiba mati
1.      CDI rusak
2.      CDI jebol
1.      Ganti CDI
6.      Mesin terasa pincang dan tidak bertenaga
1.      Kabel busi terlepas.
2.      Kabel busi putus.
3.      Isolasi kabel busi robek atau rusak.
1.      Pasang kembali busi.
2.      Ganti kabel busi.
3.      Jika darurat, gunakan isolasi listrik dan lilitkan pada kabel busi yang bocor.
7.      Mesin sulit hidup dan busi basah oleh bensin.
1.      Busi tidak cocok dengan spesifikasi mobil yang digunakan .
2.      Busi mati sehingga tidak terjadi loncatan bunga api.
1.      Periksa busi dengan pengukuran vealer gauge, rapatkan celah busi dengan elktroda busi dengan ukuran  0.80-0.90
2.      Ganti busi
8.      Mesin tersendat
1.      Busi kotor
2.      Busi sudah tua/sudah lama di pakai
1.      Bersihkan busi, bila perlu di ganti
(Tabel 2.1 Gangguan yang terjadi pada sistem pengapian konvensional)
BAB III
PENUTUP
A.    Simpulan
1.      Sistem pengapian adalah suatu sistem yang terdiri dari berbagai komponen yang memilki fungsi yang berbeda yang dirangkai sedemikian rupa sehinga menjadi memiliki satu fungsi yakni memercikan bunga api.
2.      Fungsi pengapian adalah untuk menhasilkan tegangan yang tinggi untuk mengadakan bunga api di antara elektroda busi sehingga campuran bahan bakar dan udara dibakar secara sempurna walaupun kecepatan berubah-ubah.
3.      Kompenen-komponen system pengapian terdidri dari aki (baterai), kunci kontak, koil, distributor, platina, kabel busi dan busi.
4.      Kerusakan yang terjadi biasnya di akibatkan oleh umur dari komponen-komponen tersebut.
B.     Saran
Sistem pengapian sangatlah penting di setiap  kendaraan karena jika tidak ada sistem pengapian kemungkinan besar kendraan tersebut tidak akan hidup (berjalan). Karena ada 3 yang mempengaruhi pembakaran terjadi ada bahan bakar,api dan udara.
Pelajarilah sistem pengapian lebih dalam karena sistem ini perkembangannya sangat pesat di bandingkan dengan sistem yang lain pada kendaraan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar